Tips Hindari Pungli Saat Berwisata

Lagi asyik berliburan bersama keluarga eh malah kena pungutan liar (pungli) ?

Eits, jangan hawatir !

Demi memastikan liburan Wargi tetap aman dan nyaman, admin ada beberapa tips menghindari pungli saat berwisata.

1. Cari Informasi Mengenai Destinasi Wisata Tujuan

Lakukan riset mengenai destinasi wisata tujuan, termasuk tarif resmi tiket masuk, parkir, sewa kendaraan, dan jasa pemandu wisata. Gunakan sumber informasi resmi seperti situs web resmi tempat wisata, brosur, atau kantor informasi pariwisata. Hindari informasi yang bersumber dari agen perjalanan atau individu yang tidak terpercaya.

2. Siapkan Uang Pas

Siapkan uang pas sesuai dengan tarif resmi untuk menghindari kembalian dengan uang yang tidak sesuai atau diminta kelebihan. Menyiapkan uang pas sesuai harga tiket yang sudah kita cari tau sebelumnya juga bisa mempercepat transaksi dan meminimalisir kesempatan oknum-oknum yang berniat melakukan pungli di sekitar pos tiket.

3. Catat Nomor-nomor Penting

Catat nomor telepon penting seperti pihak berwajib (polisi, Satpol PP, dll) dan call center tempat wisata tujuan untuk melapor jika mengalami pungli. 

4. Minta Bukti Pembayaran dan Cek Keaslian Tiket

Dan yang cukup penting selalu minta bukti pembayaran resmi seperti karcis atau struk untuk setiap transaksi yang dilakukan. Pastikan tiket masuk atau bukti penggunaan jasa wisata memiliki tanda dan segel resmi seperti nomor seri. Hindari menerima tiket yang rusak atau tanpa segel/nomor seri.

5. Berani Tolak Pungli dan LAPORKAN !!

Jika dimintai biaya tambahan yang tidak sesuai dengan tarif resmi, berani tolak dengan tegas dan jelaskan bahwa Wargi mengetahui tarif resminya. Jika Wargi menjadi korban pungli atau melihat praktik pungli, laporkan kepada pihak berwajib yang berwenang di tempat wisata tersebut. Pungli sering kali disertai dengan modus penipuan lain. Tetap waspada dan awasi barang bawaan Wargi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Melawan Pungli adalah Tanggungjawab Bersama.

Laporkan setiap praktik pungli yang Wargi temui agar tempat wisata terbebas dari praktik ilegal ini dan menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua orang.

Selamat berwisata #DiGarutAja yaa Wargi.

Scroll to Top