Gunung Cikurai

Mount Cikuray from Cisurupan

Gunung Cikuray atau Cikurai adalah sebuah gunung bertipe Stratovolcano yang terletak di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikuray yang mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut ini tidak mempunyai kawah aktif dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuhmanggung. Iklim di daerah Gunung Cikuray dan sekitarnya dikategorikan sebagai daerah beriklim tropis basah (humid tropical climate) curah hujan di sektar Gunung Cikuray mencapai 3500 – 4000mm dengan kalkulasi bulan basah 9 bulan dan bulan kering 3 bulan dan jga variasi temperatur dari 10º C hingga 24º C.

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan aik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasik menuju terminal Guntur. Terdapat tiga jalur pendakian gunung Cikuray yng biasa digunakan, yaitu via Pemancar Cilawu, via Bayongbong dan via Cikajang. Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur Bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai dipuncak dengan jarak tempuh 4-6 jam. Terutama diakhir pekan, kita akan menemukan banyak pendaki yang menghabiskan waktu luang dengan menikmati alam Cikuray yang bersahabat.

Umumnya, para pendaki mengawali perjalanan dari Desa Dayeuh Manggung, Cilawu. Jalur ini relatif lebih mudah untuk didaki menuju puncak. jika ingin menggunakan jalur ini dari terminal Guntur dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkot bernomor 06 yang memiliki trayek Garut-Cilawu. Lalu, turun di Patrol kemudian menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung. Dari Patrol, pendaki dapat menyewa jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 20.000, bagi yang ingin berjalan kaki, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu 2-3 jam.

Scroll to Top